Gergaji Jigsaw vs Gergaji Circular

Dalam memilih perkakas yang digunakan untuk memotong kayu, kita memiliki 2 pilihan yaitu mesin gergaji jigsaw atau mesin gergaji circular. Dari prinsip kerja, kedua mesin ini berbeda di mana mata gergaji jigsaw bergerak naik turun memotongnya sedangkan gergaji circular menggunakan mata berupa piringan yang berputar ketika memotong. Perkakas mesin mana yang sesuai untuk anda? Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan kedua mesin ini.

Mesin Gergaji Jigsaw
Kelebihan Mesin Gergaji Jigsaw
– Dapat bergerak ke kiri – kanan atau zigzag dan melingkar.
– Daya listrik mesin umumnya lebih kecil dibandingkan gergaji circular.
– Selain untuk kayu dapat juga digunakan untuk memotong material lain seperti : besi, pvc, akrilik, dan lain-lain, tergantung dari jenis mata pisau yang digunakan.
– Umumnya memiliki berat yang relatif lebih ringan dibandingkan gergaji circular.
– Posisi benda kerja tidak harus hanya di meja kerja yang datar saja, sehingga masih memungkin digunakan untuk memotong benda di tempat atau posisi yang lain.

Kelemahan Mesin Gergaji Jigsaw
– Bila digunakan untuk memotong secara lurus dan cukup panjang, dan berulang-ulang maka penggunaan mesin ini memakan waktu yang lebih lama di bandingkan circular.
– Mata pisau lebih cepat mudah patah, sehingga frekuensi penggantian mata lebih cepat dibandingkan dengan gergaji circular.

Mesin Gergaji Circular
Kelebihan Mesin Gergaji Circular
– Biasanya hanya digunakan dan tentunya lebih nyaman digunakan untuk memotong secara lurus dan panjang.
– Mata pisau circular relatif lebih lama penggantiannya dibandingkan mata pisau jigsaw.

Kelemahan Mesin Gergaji Jigsaw
– Tidak dapat bergerak ke kiri – kanan atau zigzag dan melingkar.
– Daya listrik mesin umumnya lebih besar dibandingkan gergaji jigsaw
– Selain untuk kayu, mesin ini hanya dapat digunakan untuk memotong material alumunium, dengan menggunakan mata pisau yang sesuai.
– Umumnya memiliki berat yang relatif lebih berat dibandingkan gergaji jigsaw.

Bila anda menggunakan mesin gergaji untuk usaha, kedua mesin ini tentunya sangat dibutuhkan karena memiliki karakteristik yang berbeda. Sedangkan bila anda menggunakan mesin ini sebagai hobby, umumnya mesin gergaji jigsaw sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda.

Selamat Berbelanja!