Pembangkit Listrik Cadangan yang Ramah Lingkungan

Selama ini Perkakasku.com telah menghadirkan pembangkit listrik cadangan / generator set dengan berbahan bakar bensin. Tentunya para pembaca sudah tahu genset berbahan bakar bensin tersebut menghasilkan polusi udara yang cukup beracun dan sangat menyesakkan nafas kita. Dalam rangka lebih mengurangi tingkat polusi di bumi tercinta kita ini, Perkakasku.com telah menghadirkan pilihan lain sebagai pembangkit listrik cadangan yang ramah lingkungan. Produk tersebut adalah Genset LPG Greenpower dan Inverter Charger Sinepro. Mari kita bahas lebih dalam mengenai kedua produk ini.


Greenpower Sinepro


Sekitar 2 bulan yang lalu kita telah hadirkan generator set dengan bahan bakar LPG. Mesin dengan bahan bakar LPG menghasilkan keluaran udara yang lebih bersih, sehingga lebih ramah lingkungan. Sementara ini kami baru mengeluarkan 1 merk dan 1 tipe yaitu Greenpower CC1200-B.

Genset CC1200-B

Genset dengan kapasitas maksimum 1000 watt ini, juga cukup praktis baik dalam penggunaan dan perawatannya. Penggunaan rata-rata yang disarankan genset ini sekitar 800 watt dan dengan menggunakan tabung LPG 3kg, dapat digunakan hingga 10 jam. Sangat irit dibandingkan dengan genset berbahan bakar bensin umumnya yang rata-rata menghabiskan 1 liter setiap 1 jam dimana dengan tangki 5.5 liter, genset hanya dapat beroperasi hingga 6 jam. Penggunaannya pun cukup praktis, karena cukup memakai tabung gas kompor yang tentunya selalu tersedia, dibandingkan anda harus membeli bensin dengan jerigen, yang seringkali ditolak oleh SPBU. Dan sesuai dengan topik yang dibahas, polusi dari gas buang genset ini dan juga suara yang dihasilkan ketika beroperasi jauh lebih rendah dibandingkan dengan genset berbahan bakar bensin umumnya.

Dari segi perawatan genset ini juga cukup minim, karena tidak ada bahan bakar yang tersimpan dalam genset. Anda tidak usah khawatir untuk menguras tangki bensin bila genset lama tidak digunakan. Pengurasan tangki bensin adalah hal yang penting dilakukan pada genset bensin, karena bila tidak dilakukan maka kotoran yang mengendap dari bensin akan menyebabkan karburator dan busi cepat kotor. Akibatnya genset akan sulit dinyalakan pada saat dibutuhkan.

Dari segi harga, genset Greenpower ini memang lebih mahal dibandingkan genset sekelas berbahan bakar bensin. Tetapi dengan keunggulan yang disebutkan di atas tentunya akan menjadi nilai lebih bagi anda.

Satu lagi produk pembangkit listrik cadangan yang ramah lingkungan adalah Inverter Charger Sinepro 500VA

Sinepro 500VA

Berbeda dengan pembangkit listrik cadangan lainnya, produk ini bukan Genset. Produk ini adalah Inverter Charger, dan tidak menggunakan bahan bakar seperti bensin maupun LPG, tetapi menggunakan Baterai / Aki. Secara fungsi produk ini mirip dengan UPS, tetapi bukan UPS karena ketika terjadi pemadaman listrik maka listrik akan terputus dahulu selama beberapa detik, sebelum listrik disambungkan ke baterai, dan juga ketika listrik dari PLN tersambung kembali, maka listrik akan diputuskan dulu beberapa detik sebelum dialihkan kembali ke PLN. Tetapi ketika beroperasi menggunakan baterai dapat beroperasi hingga 2.5 jam dengan beban penuh 400 watt. Selama tersambung dengan PLN maka inverter ini akan mengisi / menge-’charge’ baterai.

Bila genset harus dioperasikan di luar ruangan, maka inverter charger ini dapat ditaruh di dalam rumah, tanpa khawatir keracunan dari gas buang. Karena alat ini sama sekali tidak mengeluarkan gas buang. Alat ini jauh lebih praktis lagi, karena sudah ada fitur pengalihan listrik otomatis dari PLN ke baterai dan sebaliknya. Bila pada genset fitur tersebut ada pada alat ATS (Automatic Transfer Switch) yang harganya tidak murah. Bisa berkisar 3-4 juta, dan biasanya tidak tersedia untuk genset di bawah 5000 watt.

Selain fitur di atas ada lagi fitur yang menarik dari produk ini, yaitu gelombang keluaran listrik yang sinusoidal. Gelombang ini sama dengan gelombang yang dikeluarkan oleh listrik PLN, sehingga bisa digunakan dan aman untuk semua jenis alat elektronik. UPS umumnya cocok untuk alat elektronik yang sensitif seperti komputer atau televisi, tetapi tidak disarankan untuk alat elektronik yang pada waktu start ada hentakan seperti printer, mesin cuci, mesin pertukangan, pompa air. Genset sebaliknya, tidak aman untuk alat elektronik yang sensitif seperti komputer, dan juga AC inverter, Inverter Las, karena gelombak yang dihasilkan kotak, sehingga beresiko merusak komponen elektronik. Tetapi cukup aman bila digunakan untuk alat elektronik yang ada hentakan seperti pompa air, mesin pertukangan, dan lain-lain. Inverter Charger tidak ada batasan untuk hal hal tersebut, bisa digunakan untuk peralatan listrik yang yang sensitif maupun dengan yang ada hentakan. Keterbatasan Inverter charger hanya pada daya listrik maksimalnya sendiri. Saat ini kami baru menyediakan yang kapasitas 500va atau 400 watt. tetapi yg kapasitas 1000va atau 800 watt dapat dipesan. Sedangkan untuk yang daya listrik lebih besar sedang dikembangkan oleh produsen.

Kami percaya kedua alat ini dapat memenuhi kebutuhan anda, karena memiliki nilai lebih daripada generator set berbahan bakar bensin. Dan dengan menggunakan pembangkit listrik alternatif ini kita dapat turut serta mengurangi polusi yang merusak bumi tercinta ini. Bila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan tinggalkan pesan di sini, komentar pada halaman produk, atau hubungi kami langsung di nomor yang tercantum di halaman kontak.
Have a nice day !

Update — 27/07/2011
Kami dapat informasi dari produsen Sinepro, bahwa sebenarnya operasi dari Sinepro 500VA dapat diperpanjang dengan menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar. Jadi tidak terbatas pada 2.5 jam saja, semakin besar kapasitas baterai bisa semakin lama.